7 fakta unik tentang gunung lawu
7 fakta unik tentang gunung lawu

 

Berikut  7 fakta unik tentang gunung lawu :

1. Letaknya tepat berada di perbatasan antara dua provinsi

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung di Indonesia yang letaknyanya berada di antara dua provinsi, yaitu provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di lereng gunung ini terdapat jalan raya yang menghubungkan kedua provinsi tersebut. Di wilayah Jawa Timur, gunung ini berada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan sedangkan di wilayah Jawa Tengah gunung ini berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

2. Terkenal dengan udaranya yang sangat dingin

Gunung Lawu sangat terkenal dengan gunung yang mempunyai suhu dingin paling ekstrim. Lebih dingin dari gunung-gunung lain yang ada di Pulau Jawa. Memang jarang mencapai angka minus, namun pada waktu-waktu tertentu pada musim kemarau udara di Gunung Lawu bisa mendekati 0 derajat Celcius. Dinginnya udara di Gunung Lawu bahkan sudah amat terasa saat kita berada di Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu. pemandangan alam yang menakjubkan dengan vegetasi yang rimbun serta tumbuh suburnya ribuan pohon menambah sejuknya hati, serasa berada di surga dunia, wkwkwk

Jika kita pergi kesana di musim kemarau maka akan terasa lebih dingin dari hari hari biasanya. Karna di musim kemarau kedinginan suhu di gunung lawu bisa mencapai 0 derajat celcius.

3. Tidak hanya di datangi oleh para pendaki

Gunung Lawu ini tak hanya didatangi oleh para pendaki dan pelari trail . Para peziarah yang didominasi oleh kalangan orang tua-tua juga kerap mengunjungi tempat-tempat yang dianggap keramat di gunung ini. Tanggal kunjungan ziarah yang ramai adalah tanggal 1 Suro, malam tahun baru Hijriah. Pada malam itu biasanya Gunung Lawu diserbu ribuan orang, baik pendaki maupun para peziarah.

4. Terdapat warung tertinggi sepulau jawa

Warung puncak lawu hargo dalem Mbok Yem, bagi pendaki yang pernah menjelajahi gunung Lawu, pasti tidak asing bila mendengar namanya. Dia adalah penunggu gunung Lawu, tapi bukan penunggu dalam tanda kutip. Sejak tahun 1980-an, Mbok Yem adalah seorang pejual makanan di puncak gunung Lawu, hebat bukan?. Beliau tidak hanya berjualan disana, tetapi beliau juga hidup disana. Aneka makanan yang di jual oleh mbok yem di antarnya: nasi pecel, soto, telor ceplok dan mie instan, dan masih banyak lagi menu makanan dan minuman penghangat yang disediakan oleh warung mbok yem ini.

5. Terdapat sumber air yang mudah di jangkau

Jarak sumber mata air ini hanya beberapa ratus meter dari puncak Hargo Dumilah. Selain yang berada di dekat puncak, ada juga sumber air berupa sendang yang berada beberapa meter dari Pos Bayangan 3 (Sebelum Pos I, Jalur Cemoro Sewu).

Mbok Yem berani tinggal dan membuka warung di dekat puncak Gunung Lawu karna terdapat sumber mata air yang tidak jauh dari warungnya.

6. Di lereng sebelah barat terdapat dua candi peninggalan Kerajaan Majapahit

Di lereng sebelah barat kamu dapat menemukan monument bersejarah peninggalan dari kerajaan majapahit, yaitu candi sukuh dan candi cetho, jarak kedua candi ini tidaklah jauh, hanya sekitar 4 km, kedua candi ini di bangun pada masa akhir kejayaan kerajaan majapahit.

7. Terdapat bunga edelweiss

Jika kita mendaki pada bulan juli-agustus maka Di dalam perjalanan muncak kita selain di temani oleh pemandangan hijaunya rumput dan indahnya sunset/sunrise kita juga ditemani dengan indahnya bunga edelweiss, tetapi mohon jangan dipetik ya guys,

Itulah 7 fakta unik tentang gunung lawu yang sangat di sayangkan kalok dilewatkan,
Semoga dapat bermanfaat buat anda ..
Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *