7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Tips mendaki gunung untuk pemula
 

 

7 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Sangat Simpel-. Anda ingin mendaki tapi bingung mau mulai dari mana?
Tenang jangan panik, anda bisa melihat 7 tips mendaki gunung di bawah ini agar acara mendaki anda dapat berjalan dengan baik dan nyaman dan yang terpenting anda tidak merasa kesulitan saat mendaki

Tunggu apa lagi mari kita lihat 7 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

1. Tentukan berapa lama Anda ingin mendaki.

Ini penting, sebelum anda mendaki pastikan dulu berapa lama anda ingin mendaki. karena ini akan menentukan peralatan apa saja yang harus anda bawa , karena jika anda mendaki lebih dari sehari maka anda harus membawa tenda, konsumsi dan pakaian yang cukup agar bisa memenuhi kebutuhan saat mendaki gunung

2. Tentukan apakah anda ingin mendaki sendiri atau kelompok

Mendaki sendiri mungkin untuk sebagian orang lebih menyenangkan dari pada mendaki bersama-sama dengan kelompok, karena saat kita mendaki sendiri kita benar-benar dituntut untuk melakukan semua hal dengan sendiri, ini menjadi tantangan tersndiri bagi sebagian orang. Tapi ini sangat berbahaya jika suatu saat terjadi sesuatu dengan anda, maka dari itu pikir kan dengan matang apakah anda ingin mendaki sendirian tapi dengan resiko yang sedikit lebih besar atau mendaki bersama-sama dengan resiko yang sedikit lebih kecil.

3. Sesuaikan dengan kemampuan anda

Jika anda seorang pemula jangan memaksakan diri untuk langsung mendaki ke gunung yang tinggi. Mulai dulu dengan mendaki gunung yang agak lebih rendah , agar nanti anda tidak kaget jika suatu saat anda mendaki gunung yang lebih tinggi.

4.  Pilih lokasi yang tepat

Pastikan dulu bagaimana keadaan tempat yang ingin anda kunjungi, tanya ke teman dan orang-orang yang pernah berkunjung kesana, kalau perlu cari referensi di google tentang bagaimana keadaan tempat yang ingin anda daki agar anda nantinya tidak terkejut saat sudah sampai di tempatnya , dan anda juga bisa mempersiapkan apa saja peralatannya dengan keadaan yang seperti .


5. Tentukan Apa yang harus di pakai 

 

  • Memakai pakaian dengan bahan polyester akan membuat anda tetap merasa hangat ketika berada di kondisi yang dingin.
  • Memakai celana pendek atau panjang, sesuaikan dengan kenyamanan anda. Apakah anda lebih nyaman menggunakan celana pendek atau panjang tapi harus melihat situasi dan kondisinya juga apakah memungkinkan untuk menggunakan celana pendek atau panjang . Karena kenyaman dan keselamatan harus menjadi prioritas utama seorang pendaki.
  • Pakai sepatu atau sandal, sesuaikan dengan kondisi. Jika jalur pendakian yang anda lalui agak panjang dan bebatuan saya sarankan untuk menggunakan sepatu, agar nantinya kaki anda tidak tekena beturan batu-batu sepanjang perjalanan.
  • Membawa penutup kepala seperti topi, bandan atu penutup kepala yang lainnya . Ini bertujuan untuk melindungi kulit kepala anda dari paparan sinar matahari
  • Memakai jaket agar anda tidak kedinginan saat cuaca dingin

6.  Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Bawa lah perlatan yang dibutukan tapi jangan terlalu berlebihan , bawa secukupnya saja saja agar anda tidak kerepotan saat membawanya nanti. Untuk anda yang masih mencari perlatan mendaki silahkan kunjungi sewa peralatan outdoor lengkap. Disitu tersedia segala macam perlatan mendaki lengkap untuk anda .

Alat-alat yang wajib anda bawa pada saat mendaki adalah :

  • Tenda , ini untuk anda yang waktu pendakiannya lebih dari sehari. bisa menjadi tempat istirahat sejenak ketika anda sudah merasa lelah .
  • Sleeping bag , saat cuaca dingin sleaping bag sangat dibutuhkan untuk menghangatkan tubuh anda agar anda tidak terkena hipotermia .
  • Perlatan memasak, untuk anda yang suka memasak bawa peralatan ini agar anda bisa memasak saat istirahat di tenda.
  • Pastikan Ponsel anda batrenya dalam keadaan full kalau perlu bawa powerbank, ini untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Bawa konsumsi secukupnya jangan sampai kelewatan , pastikan dengan tepat berapa banyak konsumsi yang anda butuhkan selama anda mendaki jangan sampai anda kehabisan konsumi saat mendaki.
  • Membawa alat medis untuk mengobati anda jika terjadi luka atau lecet.
  • Yang terakhir adalah Carrier untuk mengemas semua barang-barang di atas.


7. Membawa makanan

 
Berapa banyak makanan yang Anda butuhkan sangat tergantung pada lama pendakian.
Pastikan juga makanan yang anda bawa banyak mengandung gizi agar tetap berenergi selama perjalanan

Berikut berapa referensi makanan yang cocok saat mendaki :

  • Kacang almond atau kacang walnut untuk ngemil anda yang mengandung lemak sehat dan protein
  • Air, Pastikan anda membawa air yang cukup, karena biasanya air menjadi nyawa nya seorang pendaki, jangan sampai anda kehabisan air dalam perjalanan.
  • Buah, masukan buah seperti apel, pisang, anggur, dan yang lainnya untuk menambah energi anda saat perjalanan.
  • Roti untuk makanan berat anda dalam perjalanan
  • Kopi, anda bisa ngopi sejenak saat istirahat di dalam tenda untuk sekedar bersantai dan menghangatkan tubuh.

Itu lah tadi 7 panduan yang membuat anda menjadi pendaki profesional.
Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ya untuk membantu teman-teman kita yang masih awam dalam mendaki agar meraka tidak bingung dengan apa saja yang harus meraka siapakan selama perjalana pendakian.

#Salampendakiindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *