Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Kandang

Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro KandangJALUR PENDAKIAN GUNUNG LAWU VIA CEMORO KANDANG-. Untuk mendaki Gunung Lawu, dari Tawangmangu kita bisa naik mobil Omprengan menuju Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang. Mobil omprengan biasanya terakhir lewat sekitar pukul 17.00, namun kalau sedang ramai sampai jam 19.00 kadang masih ada mobil omprengan. Nah jika terlalu sore, Anda bisa mencarter mobil atau berjalan kaki sepanjang 10 kilo memeter menuju Cemoro Kandang. Langsung saja berikut infromasi tentang jalur pendakian gunung lawu via cemoro kandang :

Cemoro kandang-Pos

Dari cemoro kandang ke pos 1 berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan, jalur ini masih agak landai , pos 1 ini memiliki ketinggian 2.237 mdpl, yang mana pos ini adalah berupa bangunan batu dan tidak terdapat sumber air disana, tetapi biasanya pada hari kamis sampai minggu atau hari-hari besar di pos ini terdapat pedagang yang berjualan air mineral dll.

Pos 1 – Pos 2

Perjalanan menuju Pos 2 perjalanan akan mulai curam dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan, dalam perjalanan kamu akan menyaksikan semburan asap belerang yang di semburkan oleh kawah Condrodimuka.

Pos 2 – Pos 3

Jalur pendakian gunung Lawu dari dari Pos 2 menuju Pos 3 akan melewati sebuah sungai kecil dan sumber air. Kemudian setelah itu kita akan menyusuri tebing batu yang sempit menyusuri lereng puncak Cokro Suryo. Selain sempit, jalur ini menyusuri jurang sehingga pendaki harus ekstra hati-hati. di musim hujan, jalur ini rawan longsor dan sangat licin, jadi kita harus extra hati-hati, untuk jarak tempuhnya kurang lebih memakan waktu 2 jam perjalanan.

Pos 3 – Pos 4

Dalam perjalanan dari Pos 3 menuju Pos 4, Anda akan melewati sebuah sumber air yang bernama Sendang Panguripan. Sendang ini mirip sumur, airnya jernih dan dingin. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang dikeramatkan oleh warga setepat, tidak heran kalau di waktu-waktu tertentu Anda akan menemukan sesajen dan bunga-bunga di tempat ini. Kondisi jalan menuju pos 4 cukup terjal, tetati di dalam perjalanan nanti kita akan ditemani oleh vegetasi bunga edelweis yang mulai terlihat, untuk ke pos 4 ini kita memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Artikel Terkait : Jalur Pendakian Lawu Via Cemoro Sewu

Pos 4 – Pos 5

Dari Pos 4 Menuju Pos 5 kita memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan, untuk treknya bervariasi agak mendatar, sedikit menurun, sedikit mendaki, pemandangan sangat indah akan kita saksikan di sepanjang jalur ini. Jalur berliku-liku, batuan berserakan, padang rumput, padang edelweis, batang-batang kering sisa-sisa kebakaran hutan, seolah-olah kita berada di suatu taman yang sangat aneh seperti dalam dunia komik, wkwkwk

Pos 5 – Puncak

Perjalanan dari Pos 5 menuju puncak Lawu Hargo Dumilah akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Hargo Dumillah merupakan puncak tertinggi di Lawu di antara puncak lainnya, Hargo Dumillah memiliki ketinggian sekitar 3265 mdpl.

Hargo Dumilah – Hargo Dalem Di Hargo Dalem kita dapat menemui Warung Mbok Yem yang terkenal sebagai warung tertinggi di Indonesia. Para pendaki bisa bermalam dan membeli makan di puncak ini. Perjalanan menuju Hargo dalem akan menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan.

Kalkulasi Waktu Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Kandang :
Basecamp – pos 1 (1 jam)
Pos 1 – pos 2 (1 jam)
Pos 2 – pos 3 (2 jam)
Pos 3 – pos 4 (2 jam)
Pos 4 – pos 5 (1 jam)
Pos 5 – puncak (1 jam)
Hargo Dumilah – Hargo Dalem (1 Jam)

Itu lah sedikit informasi tentang jalur pendakian gunung lawu via cemoro kandang, semoga nformasi sedikit ini dapat bermanfaat buat anda.
Terima kasih . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *