Jalur pendakian Semeru
Jalur pendakian Semeru Buat Para Newbie

Jalur pendakian Semeru-. Gunung semeru adalah salah satu destinasi wisata outdoor di indonesia. Gunung yang terletak di Malang Jawa Timur ini merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dan puncaknya yang dikenal dengan nama mahameru dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung ini masih teletak dikawasanan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di kawasan ini sendiri terdapat beberapa gunung diantaranya Gunung Bromo, Gunung Kursi, Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Watangan dan tentunya gunung Semeru.

Salah satu daya tarik Gunung Semeru sendiri adalah terdapatnya beberapa danau yang sangat indah di sana. Siapa yang tidak kenal dengan Ranu Kumbolo, danau ini sudah terkenal di kalangan pecinta Alam karena keindahannya yang luar biaa, selain ranu kumbolo disana juga terdapat beberapa danau lain yang tak kalah indahnya antara lain Ranu Pani , Ranu Regulo dan Ranu darungan.

Pohon Cemara, akasia , pinus dan jenis jamu-jamu merupakan beberapa tumbuhan alami yang terdapat di semeru. Dan Disana juga terdapat berbagai macam flora diantaranya Macan, Kumbang, budeng, luwak, kijang, kacil, dan msih banyak lagi.

Semeru sering disebut Pakunya pulau jawa oleh masyarakat sekitar dan juga tempat bersemayamnya dewa Shiwa. Disana tedapat sebuah kawah yaitu kawah Jonggring Saloka. Diatas puncak mahameru nanti kamu bisa melihat pemandangan indah dari gunung bromo, Argopuro, Raung, Arjuno delirang dan lawu

Persyaratan mendaki gunung semeru

  • Fotocopy kartu identitas minimal 2 lembar
  • Mengisi from biodata peserta pendakian
  • Surat keterangan sehat
  • Membayar tiket masuk
  • Mengisi buku tamu
  • Mengisi formulir daftar barang bawaan

 

Rute atau jalur pendakian semeru

1. Jalur pendakian Ranu Pane – Ranu Kumbolo

Jalur ini merupakan jalur yang sering digunakan oleh para pendaki . Rutenya dari Ranu Pani – Landengan – Watu Rajeng – Ranu Kumbolog. Dibandingkan jalur ayek-ayek jalur ini lebih aman untuk dilalui. Membutuhkan 4-5 jam perjalanan memlaui jalur watu rejang

Jalur Ayek-ayek merupakan jalur pintas namun rutenya begitu curam dan berbahaya. Biasanya jalur ini digunkaan oleh pendaki lokal yang sudah terbiasa. Disebelah barat tidak jauh dari ranu kumbolo terdapat bukit yang menjualang tinggi. Biasanya pendaki menyebut dengan tanjakan Cinta.
Buat anda yang mau meniggalkan ranu kumbolo sebaiknya bawak persediaan air yang cukup karena anda akan kesulitan mencari air ketika dikali mati nanti.

2. Jalur Pendakian Ranu Kumbolo – Kalimati

Jalur pendakian Semeru Buat Para Newbie
Jalur pendakian Semeru Buat Para Newbie

Setelah dari Ranu kumbolo kamu akan melewati tanjakan cinta. Mitosnya ketika kamu menaiki tanjakan tersebut kamu harus membayangkan seseorang yang ingin kamu jadikan pasanganmu dan jangan pernah menoleh kebelakang sampai ke puncak tanjakan

Waktu tempuh dari Ranu Kumbolo – kaimati krurang lebih membutuhkan waktu 3 jam perjalanan. Di kalimati sendiri terdapat sumber air tetapi jaraknya cukup jauh, kamu harus menempuh waktu 60 menit pulang pergi untuk memperoleh sumber air tersebut

3. Kalimati – Arcopoda

Tempat ini sering dijadikan tempat ngecamp terakhir sebelum sampai ke puncak. Perjalanan dari kalimat sampai ke Arcopoda membutuhkan waktu 1 jam dengan rutenya yang cukup terjal dan berat

4. Arcopoda – puncak mahameru

Rute Arcopoda – mahameru merupakan rute terberat . Treknya berupa pasir dan batu-batu yang mnyulitkan pergerakan kaki. Saaat akan melangkah kaki akan merosot karena pasir.

Disarankan menggunakan gaiter saat di rute ini untuk melindungi sepatu agar tidak kemasukan pasir. Perjalana dari Arcopoda – puncak mahameru membutuhkan waktu 4-6 jam.

5. Puncak mahameru

Puncak mahameru berada 3.676 mdpl. Suhu dipuncak mencapai 4-10 derajat celcius. Di mahameru kamu akan menyaksikan pemadangan yang sangat indah dari gunung bromo, Argopuro, Raung, Arjuno delirang dan lawu

Dipuncak terdapat kawah jonggring saloka yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Pendaki dilarang untuk mendekati kawah tersebut karena mengandung gas beracun.
Sebelum jam 9 pagi pendaki harus sudah meninggalkan puncak karena pada siang hari biasanya asap beracun dari kawah jonggring saloka akan mengarah ke puncak, ini bisa mebahayakan para pendaki.

Demikianlah informasi tentang jalurpendakian semeru
Mohon maaf jika ada keslahan dalam penulisan artikel diatas, semoga infrmasinya bisa bermanfaat buat anda
Terima kasih..

2 thoughts on “Jalur pendakian Semeru Buat Para Newbie”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *